Loading...
Loading...

Minggu, 28 Maret 2010

Kegiatan yang bisa direkam oleh kamera HaPe n kamera digital neh……
































Masak-masak di rumah Friska….


Masak di koz-an Ryana sambil makan krupuk


Habis masak, langsung gelar tikar, ambil posisi wuenakkk…nyam…nyam….enaknya mie gomak buatan kita neh…truss habis makan foto-foto lagi dech…>_<


Merayakan ulang tahun jude riris di koz-an Ryana dan tiba lah saat Ryana mandok hata ( ne bukan sejenis makanan ringan ya…tapi artinya menyampaikan sepatah dua kata selamat ulang tahun buat riris..”jangan nakal ya ris, jangan lagi maen di becek-becek…sekarang kamu sudah GD, Ok!”____ friska n evi ngapaen tuh punya kegiatan
sendiri???)


@ Lapangan Unimed, Ini acara apa ya?? Oya, ne ya acara makan bersama lagi di kampuz, rencana habis itu mau berenang di kolam UNIMED (tapi aku gak jadi ikut berenang, soale ada kerjaan waktu itu), yang pimpin doa kita kalau gak salah ibu Rika kan?setelah makan foto-foto lagi…..:-))


@ Ruang Seminar Akuntansi, Siap – siap mau mengikuti seminar kakak dan abang stambuk, soalnya ini wajib diikuti sebelum kita seminar….



@ Rumah Friska, Kerjakan tugas kelompok dari Pak La Ane sampe malam di rumah Friska….(what???sampe malam? Ya iya lah masak dulu, foto-foto dulu, ketawa-ketiwi dulu…)


@ Perpustakaan UNIMED, weleh..weleh..GilPot emang, di perpustakaan juga pake acara foto-foto ya…


@ kelas, setelah selesai mata kuliah, disempatin dulu makan siang sebelum masuk kelas berikutnya….



@ Gedung pameran seni rupa UNIMED, wah cewek-cewek ini sebenarnya motifnya ke sana apa? Hayoo, jangan-jangan cuma mau lihat yang cakep-cakep di FBS ya…



@ Annai Velangkani (Graha Maria), tepat banget timingnya, menjelang penetapan judul proposal neh…memohon pada Tuhan agar semua rencana diberkati. Amin..


Menjelang hari –H, nyoba-nyoba toga dulu ah..(siapa tuh cowok yang di tengah? Friska n Ryana Mana ya? Pesta n Rika jadi PW saat itu..)


@ Auditorium, acara pelantikan Fakultas Ekonomi 13 Oktober 2010….

22 Oktober 2010, Congratulations on our getting title ya…Wisuda deh…..ntar Rika n Pesta nyusul ya…

nb: susunan fotonya agak berantakan...jadi harap maklum ya...tebak-tebak aja deh yang mana keterangannya ya...

Sabtu, 27 Maret 2010

KAIN TENUN BALIGE








Balige adalah salah satu kota di Sumatera Utara yang merupakan ibukota dari Toba Samosir yang terkenal dengan Danau Toba nya. Salah satu komoditas terkenal dari kota Balige adalah kain tenun yaitu sarung atau sering juga disebut mandar. Seperti yang diketahui oleh masyarakat Balige bahwa barang tersebut adalah hasil kreativitas masyarakat balige sendiri. Kain tenun ini diproduksi oleh industri kecil yang ada di balige. Pengusaha kain tenun yang ada di daerah ini sudah menggeluti usaha ini selama bertahun-tahun.
Kain tenun ini memiliki multi fungsi, kain tenun ini biasanya digunakan masyarakat sebagai pembungkus bayi agar bayi tersebut tetap hangat, sarung untuk shalat, bahkan saat ini digunakan sebagai taplak meja, gorden pintu dan jendela, sarung bantal, seprei tempat tidur yang dimodifikasi sesuai selera bahkan kain tenun ini dapat dibentuk menjadi pakaian modern baik pakaian untuk pria maupun wanita. Masih banyak lagi fungsi dari kain tenun ini tergantung si pengguna mengalihkan fungsi mandar tersebut.
Jika dilihat dari kualitasnya, kain tenun ini tidak kalah dari produk luar. Kain tenun ini tahan bertahun-tahun, tidak luntur dan harganya pun dapat dijangkau oleh konsumen dari kalangan bawah hingga konsumen konsumen kalangan atas. Motif kain tenun ini adalah kotak dan garis dengan warna yang bermacam macam.

TIOMA TEX adalah salah satu perusahaan yang membuat kain tenun yang beralamat di Jl. Muliaraja Balige. Merk kain tenun perusahaan TIOMA TEX adalah “ TIGA IBU”.

Bagi konsumen bisa langsung melihat proses pembuatan sarung ini jika berkunjung ke Balige. Kain tenun ini bisa didapatkan langsung dari perusahaan TIOMA TEX atau dari pedagang kain yang ada di pasar tradisional Toba Samosir.

mamaku....

Foto hasil jepretan mamaku





11.00wib March 28, 2010
Mamaku suka sekali menanam dan merawat bunga, setiap sore mama pasti gak lupa menyirami tanamannya …kalau aku sih bisanya hanya menikmati ;)….
Halaman rumahku yang tidak terlalu luas itu, mama tanami dengan banyak tanaman, apalagi sewaktu kami masih kecil-kecil..halaman rumah tampak seperti hutan…hmmmm…nyaman dan tenang rasanya..
penuh dengan bunga….Tapi itu dulu, sekarang tanaman -tanaman itu gak sebanyak dulu lagi, karena mama gak cukup kuat lagi untuk merawat “mereka”…
Ternyata kekuatan manusia itu ada batasnya ya, sama seperti bunga lama-kelamaan akan layu……
Mamaku juga sama seperti bunga..kekuatannya pun akan menurun, tapi walaupun seperti itu mamaku tetap selalu berusaha menunjukkan kekuatannya yang terbesar, bahkan disaat sakit sekalipun.
Buatku, mamaku adalah orang yang paling hebat dan paling kuat….tetap kuat ya ma….aku berdoa mama sehat selalu, panjang umur, tetap kuat dalam keadaan apapun,…
Terimakasih mamaku buat selama ini :-), dengan kasihmu engkau merawat kami anak-anakmu dengan sepenuh hati, dengan cinta dan kekuatanmu engkau melindungi kami, dengan pemikiranmu engkau menasehati kami (walaupun kami terkadang gak mendengarkannya…maaf ya ma..)
Thanx ya ma….aku sangat membutuhkan dukunganmu….bahkan sampai akhir hidupku…I love you mam…………
Thanx buat mama-mama sedunia ya…:=)

Jumat, 19 Maret 2010

Wanita butuh Pria??!!

Setiap wanita memiliki impian untuk dapat merajut impiannya bersama pria yang mencintainya sepenuh hati…..bukan dengan pria yang menyuguhkannya dengan cinta yang dangkal dan sesaat, bukan pula dengan pria yang hanYa melihat seorang wanita secara fisik dan juga bukan dengan pria yang hanya menggunakan mulut manis dalam mengungkapkan rasa sayangnya….bukan dengan pria yang selalu memamerkan kekuatannya padahal itu menunjukkan kelemahannya…

Setiap wanita menantikan pria yang mencari tulang rusuknya yang hilang dengan kerja keras dan pengorbanan..

Setiap wanita berharap kepada pria yang menggantungkan harapannya pada Tuhan….wanita juga menantikan pria yang dengan tulus akan memberikan cinta dan hidupnya untuk wanita yang ia sayangi, pria yang senantiasa melindungi wanita yang ia sayangi dari hujan, badai, gelombang kehidupan….

Setiap wanita membutuhkan pria yang benar-benar bisa membagi keluh kesahnya, masalahnya bahkan pergumulannya pada wanita yang disayanginya…walaupun, wanita yang ia sayangi belum tentu bisa memberikan jalan keluarnya tapi dengan berjalan bersama-sama semua dapat teratasi dengan sangat baik….

Setiap wanita membutuhkan pria yang ia cintai dan mencintainya sebagai pasangan hidup, teman, sahabat, saudara, rekan kerja yang baik.

rasa 2

Ternyata…..
Rasa itu bisa lahir kembali,
Setelah sekian lama tak merasakan seperti ini, aku kembali merasakannya
Thanx God, Engkau sungguh baik
Dengan ini aku sudah begitu bahagia ternyata masih ada pintu yang terbuka untukku…
Walau aku tak tahu bisakah aku masuk melalui pintu itu, aku sudah cukup bahagia saat ini.

rasa

22:00 wib, 02jan2010

Tak ingin rasanya berlalu, tapi sepertinya aku tak kuat untuk menahannya…
Aku butuh seseorang untuk menahannya agar jangan pergi,
Sepertinya, mimpi ini terulang kembali…
Perasaan yang tumbuh seperti bunga yang bermekaran di musim semi
Perasaan yang tumbuh untuk seseorang yang baru ku kenal,
Perasaan yang tak ku ketahui darimana asalnya….
Perasaan yang datang tanpa aba-aba terlebih dahulu,
Perasaan yang tak jelas kemana akan berakhir,
Apakah sama seperti mimpi sebelumnya????
Mimpi yang hanya sekejap bisa kurasakan??
Apakah ini benar-benar mimpi??
Atau ini kenyataan yang sedang ku hadapi? Atau hanya halusinasiku saja?
Jika ini mimpi….aku sangat ingin mimpi ini jadi kenyataan bukan hanya sekedar halusinasiku saja…
Dan aku berharap dia juga merasakan apa yang ku rasakan saat ini..

ABSTRAK

Evi Mariana Panjaitan. NIM. 05311252. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa di Kelas X Akuntansi 1 Pada Standar Kompetensi Persamaan Dasar Akuntansi SMK Swasta Raksana Medan Tahun Pelajaran 2009/2010. Fakultas Ekonomi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Program Studi Pendidikan Akuntansi, UNIMED 2009.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada standar kompetensi persamaan dasar akuntansi di kelas X Akuntansi 1 SMK Swasta Raksana Medan Tahun Pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Raksana Medan beralamat di jalan Gajah Mada No.20. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dan sebagai subjek dalam penelitian ini adalah kelas X Akuntansi 1 yang berjumlah 43 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk esai buatan guru dan peneliti serta lembar observasi untuk merekam peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung.
Dari hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I rata-rata ketuntasan aktivitas siswa mencapai 37,21% dan pada siklus II ketuntasan aktivitas siswa mencapai 100% atau mengalami peningkatan sebesar 62,79%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes sebelum penerapan dengan skor rata-rata 62,21, sedangkan pada saat tes siklus I skor rata-rata siswa menjadi 68,16 atau terjadi peningkatan sekitar 5,95 poin. Dan pada tes siklus II skor rata-rata siswa menjadi 81,16 atau mengalami peningkatan sekitar 13 poin dari siklus I.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada standar kompetensi persamaan dasar akuntansi di kelas X Akuntansi 1 SMK Swasta Raksana Medan Tahun Pelajaran 2009/2010 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Kata kunci : Model pembelajaran, aktivitas belajar akuntansi, hasil belajar akuntansi

ABSTRACT

Evi Mariana Panjaitan. Reg.No 05311252. The Implementation of Cooperative Learning Model With Make a Match Type In Effort To Increase Both Activity and Accounting Learning Result of Students in Class X of Accounting 1 On Accounting Basic Similarity Competency Standard on SMK of Raksana Medan Year of 2009/2010. Economy Faculty. Majoring Economy Education. Study Program of Accounting Education, State University of Medan Year of 2009.
The problem of this research is about the low-level of learning activity and learning result of students. This research is aimed to increase the activity and learning result of accounting students by implementing cooperative learning model with make a match type on accounting basic similarity competency standard in Class X of Accounting 1 On SMK Raksana Medan Year of 2009/2010.
This research is performed in SMK of Raksana Medan, located on Gajah Mada Street Number 20. The kind of research which used is Classroom Action Research consist of two cycles and become the subject on this research is all students Class X of Accounting 1 for 43 people, the object of this research is the implementation of cooperative learning model with make a match type in effort to increase both activity and accounting learning result of students. The instruments applied is test of learning result in essay form made by teachers and researcher, and also observation form for recording the growth of student’s learning result as long as learning-teaching process is going on.
From the observation result above shows that learning activity of students suffering the expected growth, which is on Cycle I, the average of completed student’s activity reaches 37.21% and on Cycle II it reaches 100% or having increase for 62.79%. From the result of data analytic, it is obtained test data before the implementation with the average score for 62.21, while when having a test on Cycle II, the average score of students become 68.16 or having growth about 5.95 points. On Test Cycle II, the average scores of students become 81.16 or having growth about 13 points from cycle I.
It is can be concluded that the implementation of cooperative learning model of make a match type on accounting basic similarity competency standard in Class X of Accounting 1 on SMK Raksana Medan Year of 2009/2010 can be increase both activity and learning result of students. It is means that this learning model can be applied as an alternative way in accounting learning.

Key Words: Learning Model, Learning Activity of Accounting, Learning Result of Accounting

FRIENDSHIP IN MY FACULTY



Aku buat tulisan ini sebenarnya bukan karena ini merupakan bagian dari rencana ku, tapi entah kenapa beberapa menit sebelum aku menulis tiba-tiba aku kangen banget ma kalian¬_teman-temanku_sahabatku_saudaraku dan bahkan aku sudah menganggap kalian bagian terpenting dalam kehidupanku. Rosmarlina, Ryana, Friska, Pesta, Rika, Rosmayana, Ririsma (ki-ka: baju pink, baju coklat pakai kacamata, baju item garis-garis pake kacamata juga, baju biru, pakai kacamata yang buat aksi tanduk di kepala pesta, rambut panjang pakai baju putih, rambut gelombang pegang apaan tuh??..)
Dari sekian banyak foto-foto kita yang tersimpan, begitu sulit menemukan foto kita ber-8 yang komplit…and than aku menemukan foto yang paling lengkap diantara foto-foto yang lainnya (bukan hanya lengkap tapi ada tambahan dua bunga fakultas ekonomi lainnya,,,thanx buat sri mitha dan noveni atas partisipasinya yach….:-)). Kalau diperhatikan lebih cermat lagi tampang kita kusut semua ya??! Habis kita pada GilPot ( Gila Poto maksudnya…), giliran foto ja langsung deh semangat walau sudah capek mengikuti mata kuliah micro teaching (bener gak sih itu foto setelah matkul micro???diralat ya kalaupun salah..hehe…).
Gimana ya sebenarnya awal pertemanan kita? aku kurang begitu ingat, kalau gak salah….awalnya (tepatnya tingkat pertama di Jurusan Pendidikan Akuntansi fakultas ekonomi Unimed) kita masih kurang begitu kenal. Pertama kali aku masih akrab dengan pesta dan friska, ya mungkin karena asal daerah kita yang sama, sama-sama penduduk TOBASA ( kab. Toba Samosir), kalau friska sudah aku kenal sewaktu masa SMA dulu, kami pernah satu kelas waktu di kelas 2.5 (=kelas kondom), walaupun begitu aku lebih semakin mengenalnya saat di bangku kuliah.

Friska,
orangnya care, rajin, semangat, keibuan, religius, yang selalu bawa bontot (bekal makanan maksudnya ya…) dan gak pernah lupa bawa air minum (saking rajinnya bawa air minum, dia selalu menasehati pesta yang malezzz banget kalau bawa air minum….xixixi…sorry ya pes kalau kita harus buka-bukaan di sini)…

Pesta,
orangnya gimana ya??? Baik, pintar buat kue, agak tomboy tapi masih tetap feminim kok (nah lo maksudnya apa nehhh??) , paling malas bawa minum ke kampus makanya kemarin itu sempat masuk rumah sakit (ada hubungannya gak ya?), Tapi karena pesta juga jadinya ketahuan juga penyakitku, thanx ya pesta….I’ll keep your kindness in mind.

Seiring berjalannya waktu, gak tahu awalnya darimana, kapan dan bagaimana….kita ber-8 menjadi teman yang cukup dekat, kalau ada tugas kelompok kita pasti usahakan untuk tetap satu kelompok. Duduk berkelompok di bangku paling depan. Mungkin orang bilang kita termasuk kumpulan orang yang dinamakan Geng, tapi jujur aku gak suka kalau kita disebut Geng…aku lebih suka kalau kita disebut Sahabat, meskipun mungkin pertemanan kita selama ini masih jauh dari kriteria “sahabat yang sempurna”…tapi aku sudah menganggap kalian adalah lebih dari “sahabat yang sempurna”

Rosmarlina
, anak sibolga, orangnya dewasa, kadang-kadang jutex, paling tinggi badannya (bukan sekampus tapi di antara ber-8…hehe…), rajin (makanya bisa sidang lebih dulu dari kami bareng Rosmayana dan Ririsma)….

Ryana, anak Siborong-borong, pakai kacamata, kalem, rajin juga, religius, baik, yang koz-an nya selalu kita pake untuk ngumpul sebelum akhirnya ryana hijrah ke tempat sodaranya..

Rika, Karo poenya, kental banget dialek karo_nya, tomboy tapi akhirnya bisa juga feminim, baik, rajin, kadang-kadang pakai kacamata (minus berapa buuu…??), aktif, kadang-kadang kementelan gitu (but I like it…), hobby nonton bola (kalau sudah lembur nonton bola pasti deh di kampuz ngantuk trusss…Ooopsss, I’m sorry ya don’t be angry rika..:-))

Rosmayana, anak Dairi, cantik, rambut lurus panjang (sekali-kali coba nikmati rambut pendek may..), baik, kadang-kadang ‘ngambek’an, kadang-kadang buat orang penasaran kaya ada yang disembunyikan deh…

Ririsma
, anak samosir, always dengan rambut pendek gelombangnya, penyuka Judika tuchhh.., baik, agak judes (sometimes kok, jangan marah ya bu…), tomboy tapi feminim, cerewet dan entah kenapa kalau melihat hal-hal yang agak ganjil atau yang menarik perhatian sedikit aja kami bisa saling lihatan and senyam-senyum deh….kaya ada telepati aja..

Begitu banyak kekurangan dalam persahabatan kita selama ini. Kita sering juga tuh berbeda paham dan pendapat, pernah juga diam-diaman, masing-masing dari kita punya keegoisan yang unik, kita yang sok sibuk lah, yaaa tapi itulah yang membuat indah perjalanan kita selama kuliah. Thanx buat kalian yang sering bantuin aku, baik itu dalam hal titip absen di kelas (^_*), yang jengukin waktu aku dirawat di Rumah Sakit and yang selalu memberi dukungan di saat-saat terberat dalam hidupku (kaya nya gak berat-berat amat lah viiii….berle bgt..). Setiap kita memiliki masalah masing-masing dan juga punya cara untuk menyelesaikan, ya selagi kita-kita bisa bantu kita bantu (bantu membantu dunkz, yang penting gak jadi pembantu lah…)

Cukup dan sekian dulu yaa…lain kali aku cerita lagi….ini bukan akhir persahabatan kita, meskipun kita sudah punya jalan masing-masing saat ini tapi persahabatan kita gak boleh putus ya..yeah, itulah hidup berhubungan dengan orang lain, ada saat terindah dimana kita bertemu dan menjalani dalam suka maupun duka, ada saat terindah dimana kita juga harus berpisah untuk melanjutkan perjalanan kita masing-masing…always keep on contact yaa teman-temanku!!!

12.00 wib
Thursday, March 18, 2010