Powered By Blogger

Jumat, 19 Maret 2010

ABSTRAK

Evi Mariana Panjaitan. NIM. 05311252. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa di Kelas X Akuntansi 1 Pada Standar Kompetensi Persamaan Dasar Akuntansi SMK Swasta Raksana Medan Tahun Pelajaran 2009/2010. Fakultas Ekonomi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Program Studi Pendidikan Akuntansi, UNIMED 2009.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada standar kompetensi persamaan dasar akuntansi di kelas X Akuntansi 1 SMK Swasta Raksana Medan Tahun Pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Raksana Medan beralamat di jalan Gajah Mada No.20. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dan sebagai subjek dalam penelitian ini adalah kelas X Akuntansi 1 yang berjumlah 43 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk esai buatan guru dan peneliti serta lembar observasi untuk merekam peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung.
Dari hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I rata-rata ketuntasan aktivitas siswa mencapai 37,21% dan pada siklus II ketuntasan aktivitas siswa mencapai 100% atau mengalami peningkatan sebesar 62,79%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes sebelum penerapan dengan skor rata-rata 62,21, sedangkan pada saat tes siklus I skor rata-rata siswa menjadi 68,16 atau terjadi peningkatan sekitar 5,95 poin. Dan pada tes siklus II skor rata-rata siswa menjadi 81,16 atau mengalami peningkatan sekitar 13 poin dari siklus I.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada standar kompetensi persamaan dasar akuntansi di kelas X Akuntansi 1 SMK Swasta Raksana Medan Tahun Pelajaran 2009/2010 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Kata kunci : Model pembelajaran, aktivitas belajar akuntansi, hasil belajar akuntansi

Tidak ada komentar: